Apr 28, 2011

Q n A


Seorang teman asal Surabaya, yang sedang bersiap-siap menuju State, menyapa sya lewat fb :)   

Fulanah: Mbak ada pengalaman menarik selama di sana yg bisa di share? pengalaman yg unik tentunya, or culture shock yang anti alami wktu pertama kali sampe disana.... :):)
jazakillah...

Saya:
  • Jujur, culture shock pertama yg ana rasakan justru datang dari mahasiswa sesama muslim. Ana yang cekak pengetahuan global ini berfikir bahwa semua mahasiswa yg berasal dari kawasan Arabia semuanya baik, hanif. Tapi ternyata sama saja, bahkan bebrapa mungkin lebih memalukan. Kalau anti mendapati teman2 itu pergi dugem, got drunk, ngedance, gk jum'atan, jgn heran ukh. Sedih pastinya, karena harapan kita mereka bisa jdi contoh yg baik di US ini. Jdi msih bnyak org2 yg menganggap Islam sma sja dgn mereka.Tapi tenang, tidak sedikit juga yang alkhamdulillah bisa dijadikan tempat untuk berjuang bersama dan saling support.

  • Ana gk terlalu punya pengalaman unik nih kayaknya. Hm... mau cerita tentang kamar mandi aja dh. Jadi ana selalu waspada kalo mau buang air (ma'af) misalnya. Kita kan pasti perlu air ya, nah aku selalu ada botol air di tempat peralatn mandiku. Dan selalu mencuri2 kesempatan mengisi air dan masuk ke toilet, biar gk ada yg ngeliatin dgn aneh. Hm... agak ribet juga sih, tpi sudah berlangsung hmpir 1 tahun ini. Yah, kalo mereka ada yang liat dan tanya, bilang saja cara kita bersih2 ada sedikit beda.

  • Terus kalo mau wudhu, karena di lantaiku hanya tersedia community bathroom, jadi harus hati2 membuka aurat, apalagi 99% penduduk di lantai itu berbeda keyakinan. Di sebuah ruangan besar ada bilik2 kecil untuk mandi, terpisah dengan toilet. Juga ada bilik khusus untuk disability person, tempatku wudhu dengan tenang. Biliknya lebih besar, dan shower tubnya bisa dinaik turunkan, jdi enak ngaturnya buat wudhu, dan pastinya aurat kita aman. Ana gk mau wudhu di sink, gimana kalo tiba2 ada anak2 lain yg masuk. haha, pernah kejadian sih, aneh aja  mereka ngeliatnya. Kalau mau shalat di Library, biasanya banyak study room, jdi bisa shalat dsitu; dan wudhunya, cari bilik restroom buat disability person, karena biasanya, cuma 1 ruangan lumayan lebar, dan ada sink terpisah sendiri, jdi bisa wudhu sekhusuknya :):)

  • Hm, ana suka dikira sudah married sama temen-temen. Baguslah, jadi bagi teman2 cowok, gak bisa asal ledek dan diganggu. Sebabnya ana pakai cincin metal di jari tangan kanan, haha... padahal itu cuman "cincin mood" biasa. 

  • By the way, ana pernah baca artikel, kejadian seorang muslim lagi shopping di mall, terus dia pergi ke fitting room, mau shalat. Karena fitting room kn masih bisa keliatan sedikit bagian bawahnya, jadi bisa ditebak lagi ngapain orang itu. Pas dia sujud, ada staff yg melihat, terus dilongok ke bawah, "Are you okay, Sir?" hehe, dikirain dia kena heart attack. Kalo yang ini ana belum berani mencoba :)
Semoga bermanfaat,
Salam ~

1 comment:

Anonymous said...

ha.. itu yang bawa botol air diam2 ke toilet persis sama seperti yang dilakukan sama saya sekarang he.. Alhamdulilah temen sesama apartment belum ada yang pernah lihat :)